6 Tips Untuk Menjaga Kesehatan Otak Agar Tetap Muda

Seiring bertambahnya usia, otak dan fungsinya juga akan bertambah usia. Kerusakan kognitif dapat menyebabkan penurunan kemampuan kognitif yang cepat, seperti kemampuan memori dan kemampuan berpikir.

Bagaimana cara meninggikan badan mencegahnya? Berikut adalah 6 cara menjaga otak Anda awet muda.

1. Jaga agar pikiran tetap aktif

Para ilmuwan telah menemukan bahwa dengan menjaga agar pikiran tetap aktif, kemampuan berpikir akan tetap tajam.

Diluncurkan dari halaman WebMd, aktivitas seperti permainan, teka-teki silang dan aktivitas mental lainnya dapat membantu meningkatkan daya ingat.

Melakukan kegiatan seperti menggambar, melukis, seni dan kerajinan lainnya juga bisa membantu memperbaiki fungsi otak.

2. Latihan fisik

Latihan fisik tidak hanya mengurangi tekanan darah, meningkatkan kadar kolesterol dan mengurangi stres, tapi juga bisa membantu perkembangan sel otak baru.

Dilansir dari New York Times, penelitian sebelumnya menemukan bahwa tikus yang melakukan aktivitas fisik bisa melipatgandakan jumlah neuron baru yang diproduksi di otak. Hal ini juga dapat menunda kemungkinan demensia pada manusia.

3. Konsumsi makanan sehat

Mengkonsumsi makanan sehat adalah cara yang bagus untuk membantu menjaga kesehatan pikiran, tubuh dan jiwa.

Makan dengan baik juga bisa meningkatkan tingkat energi, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan tidur nyenyak di malam hari, yang kesemuanya baik untuk otak.

Buah super seperti blueberry juga bisa membantu mengurangi efek penyakit seperti penyakit Alzheimer atau demensia.

Buah juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan kemampuan belajar dan motorik orang tua.

4. Asam lemak omega-3
Asam lemak omega-3 dapat membantu melawan gangguan mental, seperti depresi, demensia dan skizofrenia.

Menurut Gómez-Pinilla, salah satu anggota Cedera Otak dan Pusat Cedera Otak di UCLA, asam lemak Omega-3 kompatibel dengan plastisitas sinaptik atau kemampuan otak untuk berpartisipasi dalam pembelajaran atau pengalaman.

Ini juga secara positif mempengaruhi ekspresi beberapa molekul yang terkait dengan pembelajaran dan memori yang ditemukan dalam sinapsis. Asam lemak omega-3 sangat penting untuk fungsi otak normal.

5. Dengarkan musik

Mendengarkan musik bisa membantu mengurangi kecemasan, depresi, tekanan darah dan meningkatkan daya ingat.

"Jika Anda ingin otak Anda bertahan dengan baik selama proses penuaan, mendengarkan atau bermain musik adalah alat yang hebat, ini memberikan pelatihan otak total," kata seorang ahli autolisologist di Johns Hopkins Medicine.

6. Bersosialisasi

Periset manfaat lari pagi telah menemukan bahwa orang-orang yang menderita kesepian memiliki 65 persen peningkatan risiko demensia.

"Ini hampir luar biasa, tapi kita tahu bahwa kesepian lebih buruk bagi kesehatan daripada 15 batang rokok sehari, menjadi obesitas beralkohol dan tidak sehat," kata Profesor James Goodwin, pemimpin ilmuwan Age UK.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Simak Manfaat Lain Dari Teh yang Belum Kamu Ketahui

Cara Mengatasi Disfungsi Ereksi Secara Alami