Simak Manfaat Lain Dari Teh yang Belum Kamu Ketahui

Sudah lama diketahui bahwa teh memiliki berbagai khasiat. Misalnya secangkir teh panas sudah cukup untuk membuat kita "tune in" di pagi hari.

Atau, minuman serupa bisa membuat kita tidur nyenyak di malam hari, setelah bosan bekerja seharian.

Teh juga dikenal sebagai minuman yang bisa meredakan batuk dengan susah payah. Dan, tak kalah bermanfaatnya, teh juga bisa memberi kehangatan pada tubuh yang dingin.

Nah, di antara banyak fase dan siklus menstruasi alasan minum teh, kini ada alasan baru yang muncul melalui sebuah studi kecil.

Sebuah studi baru yang dilakukan di China mengungkapkan bahwa minum teh dapat membantu seseorang meningkatkan kreativitas mereka.

Bisa jadi, secangkir teh adalah "obat mujarab" untuk, misalnya seorang penulis yang kehabisan ide di depan keyboard komputernya.

Ia adalah seorang peneliti di Fakultas Psikologi dan Ilmu Kognitif Universitas Peking, China, yang mengevaluasi 50 siswa, berusia rata-rata sekitar 23 tahun.

Peserta dalam penelitian dibagi menjadi dua kelompok: satu diberi secangkir teh hitam untuk diminum, yang lain hanya diberi satu gelas air.

Setelah minum minuman tersebut, kedua kelompok menjalani dua tes.

Pada tes pertama, masing-masing diminta untuk merancang suatu bentuk blok bangunan "menarik dan kreatif".

Kemudian, pada tugas kedua, mereka diminta untuk membuat nama "hebat" untuk restoran mie baru.

Pekerjaan kedua kelompok tersebut mendapat evaluasi obyektif dari siswa lain yang tidak menanggapi dalam penyelidikan ini.

Dia mengatakan bahwa ujian dirancang untuk mengukur seberapa baik anggota kedua kelompok dapat mempresentasikan gagasan baru. Mereka tertarik untuk berpikir dengan cara baru dan berbeda.

Kriteria yang digunakan dalam tes ini, "menarik", "kreatif" dan "hebat" mungkin tampak agak kabur.

Tapi siswa di kelompok peminum teh ternyata lebih mampu memetakan tugas tersebut.

Kelompok peminum teh tampak lebih unggul dalam kedua tes tersebut, dibandingkan dengan kelompok air minum.

Tapi pertanyaan selanjutnya adalah: apa isi teh yang memungkinkan perbedaan hasilnya?

Jawaban yang jelas adalah bahwa teh hitam mengandung kafein dan theanine, senyawa yang mampu meningkatkan fungsi kognitif dan memperbaiki fungsi otak pada umumnya.

Tapi ternyata, kafein dan theanine butuh waktu lama untuk mempengaruhi peminum.

Toh, secangkir kecil teh yang dikonsumsi masyarakat umumnya tidak mengandung cukup kafein dan senyawa theanine untuk dapat mempengaruhi keduanya.

Nah, di bagian ini, peneliti menyimpulkan bahwa kemampuan teh untuk mengatur mood si peminum.

Para siswa di kelompok yang minum teh tersebut, menurut mereka, berada dalam suasana hati yang positif karena secangkir teh.

Dalam sebuah laporan penelitian yang dipublikasikan, penelitian ini bertujuan untuk melihat peran teh dalam kreativitas.

Selain itu, ia juga menawarkan cara baru untuk menemukan hubungan antara konsumsi makanan dan minuman dan peningkatan kognisi manusia.

Tentu saja, cara melancarkan haid lingkup penelitiannya sangat kecil, dan tidak cukup untuk mewakili temuan pada masyarakat umum.

Akan lebih menarik lagi jika penelitian dilakukan pada skala yang lebih luas dan melibatkan lebih banyak orang.

Tapi paling tidak, dari sini Anda bisa melihat hubungan antara secangkir teh panas dan mood seseorang.

Meski pertanyaannya masih muncul, bisakah teh benar-benar membuat kita pandai menulis atau menggambar dengan lebih baik?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

6 Tips Untuk Menjaga Kesehatan Otak Agar Tetap Muda

Cara Mengatasi Disfungsi Ereksi Secara Alami